Kenapa sih ada orang yang kidal sementara kebanyakan orang adalah pengguna tangan kanan?

Barrack Obama Sedang Memberikan Tanda Tangan Dengan Tangan Kiri

Sampai saat ini belum diketahui secara pasti kenapa kebanyakan orang di dunia ini lebih dominan tangan kanannya daripada tangan kirinya (bukan kidal). Ada banyak teori terkait hal ini. Ada yang menghubungkannya dengan genetik, ada pula yang menghubungkannya dengan posisi janin di dalam rahim walaupun belum terlalu terbukti. Namun hal yang menarik adalah bahwa bahkan 2 orang yang terlahir kembar pun terkadang tidak sama, karena ditemukan bahwa ada banyak 2 kembar yang salah satu dari mereka adalah kidal sedangkan yang satunya lagi pengguna tangan kanan.

Terlepas dari pendapat mengenai penyebab tangan kiri, yang jelas secara jumlah, mereka adalah minoritas. Diperkirakan ada sekitar 10-15 % dari penduduk dunia adalah pengguna tangan kiri (left hander). Karena mayoritas penduduk bumi ini adalah right hander atau pengguna tangan kanan, maka tak jarang orang-orang yang kidal dipandang sebelah mata, bahkan padda zaman kuno dulu ada yang mengaitkan tangan kidal tersebut dengan pengaruh setan terhadap manusia. Bahkan hari ini pun kita lihat kebanyakan peralatan sebenarnya didesain sesuai dengan pengguna tangan kanan. Misalkan tombol air pada toilet duduk yang berada di sebelah kanan, arah pembuangan amunisi yang kosong setelah peluru ditembakkan juga berada di sebelah kanan senapan. Bahkan dalam bahasa Inggris, ‘kiri’ disebut ‘left’ yang berasal dari bahasa Inggris Kentish lama ‘Lyft’ yang berarti ‘lemah, tak berguna, tak beruntung’, sedangkan ‘kanan’ disebut dengan ‘right’ yang juga berarti ‘benar’.[1] Ini menimbulkan kesan bahwa pengguna tangan kanan adalah pihak yang benar, sedangkan pengguna tangan kiri adalah orang-orang yang tertinggal. Kasian juga ya guys!

Saat ini tanggal 13 Agustus diperingati sebagai Left Handers Days (Hari Orang-Orang Kidal), mungkin ini adalah salah satu bentuk protes terhadap dunia yang 'dikuasai' oleh pengguna tangan kanan. 



[1] Lihat: https://www.etymonline.com/word/left untuk melihat asal kata ‘Left’.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenapa sih ada orang yang kidal sementara kebanyakan orang adalah pengguna tangan kanan?"

Posting Komentar