Mengapa ada negara yang pakai lajur kanan dan adapula yang lajur kiri?

Peta Lajur Kendaraan di Seluruh Dunia - Source : Wikipedia

Menurut informasi yang GakPenting* kumpulkan, ternyata dulunya hampir semua orang dan kendaraan di seluruh dunia berjalan di lajur kiri jalan lho guys. Diantara sebabnya ketika itu adalah ketika di jalan, kita terkadang tak tahu apakah orang yang berpapasan dengan kita itu kawan atau lawan, nah dikarenakan hampir kebanyakan orang memegang senjata dengan tangan kanannya, maka akan lebih mudah dan cepat untuk mengeluarkan dan mencabut senjata apabila kita berjalan di sebelah kiri, karena kalau kita berjalan di sebelah kanan, maka tangan kita bisa saja terhalang oleh tembok yang ada di sebelah kanan kita saat kita mencabut pedang atau senjata lainnya dari sarungnya.

Peraturan berjalan di sebelah kiri, pertama kali diresmikan di Perancis pada abad ke-14. Pada waktu itu otoriter gereja mewajibkan pasukan Salib yang datang ke kota Roma untuk berjalan di sebelah kiri jalan agar tidak menimbulkan kesemrawutan di jalanan.

Adapun peraturan berjalan di sebelah kanan jalan, pertama kali diterapkan di Amerika. Ketika itu sebabnya adalah karena petugas-petugas pos yang mengendarai kereta pengangkut barang yang ketika itu ditarik oleh kuda yang mana kudanya berada di sebelah kiri gerobaknya, merasa lebih mudah jika mereka berjalan di sebelah kanan jalan daripada di sebelah kiri. Karena jika mereka berada di lajur kiri jalan, pandangan mereka terhalang oleh gerobak yang mereka bawa. Maka tak lama setelah itu (akhir 1800), Amerika menetapkan peraturan berjalan di sebelah kanan jalan.

Selain itu, peraturan berjalan di sebelah kanan juga diterapkan pertama kalinya di Perancis pada masa Napoleon Bonaparte, karena ternyata Napoleon ini adalah seorang  kidal yang memegang senjatanya dengan tangan kiri. Sebab lain yang mendasari penggunaan jalur kanan di perancis ketika itu adalah sebagai bentuk protes terhadap gereja yang selama berabad-abad sebelumnya menguasai Perancis, yang mana di antara kebijakan yang telah ditetapkan oleh gereja adalah peraturan berjalan di sebelah kiri jalan (Peraturan sejak abad 14 di Perancis).

Kini, negara-negara yang pernah dikuasai oleh Perancis ataupun masih terpengaruh oleh hukum Perancis, menggunakan jalur kanan sebagai jalur resmi berkendaraan.  Adapun negara-negara yang belum pernah dijajah oleh Perancis, seperti Inggris dan negara-negara jajahan Inggris seperti India, Autralia, dsb hingga hari ini masih menggunakan jalur kiri sebagai jalur resmi berkendaraan. Karena itulah kita lihat pada hari ini ada negara-negara yang berkendaraan di sebelah kiri seperti negara kita, dan adapula negara-negara yang berkendaraan di sebelah kanan seperti negara-negara Eropa selain Inggris.

_________________
GakPenting – Adalah salah satu bagian dari Putra Kapuas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengapa ada negara yang pakai lajur kanan dan adapula yang lajur kiri?"

Posting Komentar