Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Muthola'ah Kelas 2 KMI Beserta Artinya (Bagian 1)


Berikut ini adalah teks bahasa Arab berharakat lengkap beserta Arti / Terjemahan dari Muthala’ah Kelas 2 KMI Gontor Bagian 1 yang bercerita tentang Muhammad yang menyelamatkan temannya dari kobaran api. Selamat menikmati 😊

الحَرِيْقُ
Kebakaran

كَانَ مُحَمَّدٌ نَائِمًا فِى فِرَاشِهِ وَالسَّاعَةُ عَشْرٌ. وَاللَّيْلُ كُلُّهُ ظَلَامٌ وَبَرْدٌ. وَالدُّنْيَا سَاكِنَةٌ. لَيْسَ فِيْهَا إِلَّا صَوْتُ الْخَفِيْرِ فِى الشَّارِعِ. ثُمَّ سَمِعَ مُحَمَّدٌ صُرَاخًا فِى الْخَارِجِ. فَقَامَ مِنْ فِرَاشِهِ. وَفَتَحَ الشُّبَّاكَ وَأَطَلَّ مِنْهُ. فَرَأَى حَرِيْقًا فِى بَيْتِ جَارِهِ. وَهُوَ بَيْتُ صَاحِبِهِ إِبْرَاهِيْمَ الَّذِى يَلْعَبُ مَعَهُ كُلَّ يَوْمٍ. فَنَزَلَ يَجْرِى لِيَنْظُرَهُ فَمَا وَجَدَهُ. فَدَخَلَ الْبَيْتَ فِى وَسَطِ النَّارِ. وَوَصَلَ إِلَى غُرْفَةِ إِبْرَاهِيْمَ وَنَادَاهُ. فَقَامَ إِبْرَاهِيْمُ مَرْعُوْبًا. فَأَخَذَ مُحَمَّدٌ بِيَدِهِ. وَنَزَلَ بِهِ إِلَى الشَّارِعِ. فَرَآهُ جَمِيْعُ الْوَاقِفِيْنَ وَفَرَحُوْا بِهِ وَمَدَحُوْهُ. لِأَنَّهُ خَلَّصَ صَاحِبَهُ.



المُفْرَدَاتُ/Kosakata
الحَرِيْقُ : kebakaran
سَاكِنَةٌ : tenang/sepi
الخَفِيْرُ : الحَارِسُ : piket ronda
أَطَلَّ مِنْهُ : نَظَرَ مِنْهُ : menengok darinya
غُرْفَةٌ : حُجْرَةٌ : kamar
الشَارِعُ : الطَرِيْقُ : jalan
مَرْعُوْبًا : خَائِفًا : ketakutan
وَاقِفِيْنَ : حَاضِرِيْنَ : orang-orang yang ada
مَدَحَ × ذَمَّ : memuji x mencela
نَادَى : دَعَى : memanggil
خَلَّصَ : سَلَّمَ : menyelamatkan
صُرَاخٌ : صِيَاحٌ شَدِيْدٌ : teriakan keras



Terjemahan:
Ketika itu Muhammad sedang tidur di kasurnya, sedangkan jam (menunjukkan pukul) sepuluh. Malam sudah diliputi kegelapan dan kedinginan. Suasana pun sepi. Tidak ada suara, kecuali suara petugas ronda di jalan. Kemudian Muhammad mendengar suara keras di luar. Lantas ia pun bangun dari kasurnya dan membuka jendela, kemudian menengok (keluar) darinya. Ia pun melihat kebakaran di rumah tetangganya, yaitu rumah temannya Ibrahim yang biasa bermain bersamanya setiap hari. Lantas ia pun segera berlari untuk melihatnya, tapi ia tak menemukannya. Maka ia pun masuk ke dalam rumah di tengah kobaran api. Sampailah ia di kamar Ibrahim, lantas ia pun memanggilnya. Ibrahim pun bangun dalam keadaan ketakutan. Lantas Muhammad pun menarik tangannya dan turun (dari rumah) bersamanya ke jalan. Orang-orang yang berdiri di sana pun melihatnya dan senang atasnya, lantas mereka pun memujinya karena ia telah menyelamatkan temannya.

👉 Lihat Juga: Kumpulan Muthola'ah KMI Berbagai Judul

Posting Komentar untuk "Muthola'ah Kelas 2 KMI Beserta Artinya (Bagian 1)"