Mengenal Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School, Sekolah Modern Bernuansa Alami


BOGOR - sejak lama dikenal sebagai salah satu destinasi wisata populer dikarenakan keindahan alam dan udaranya yang asri, karena itu pula kota yang diapit oleh 3 gunung; Salak, Pangrango dan Gede ini sudah sejak lama menjadi destinasi liburan dan peristirahatan bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Namun kali ini kami tidak akan membahas sisi wisatanya, yang akan kami bahas kali ini adalah sisi pendidikannya. Maka kali ini kami akan ‘mereview’ sebuah sekolah yang menurut kami bisa dibilang ‘wah’.

Gedung Utama Cahaya Rancamaya
Jika anda sedang mencari destinasi pendidikan dengan sistem Boarding yang memiliki suasana alami nan asri, mungkin SMP SMA Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School bisa jadi pilihan.

Gedung dengan sarana prasarana modern, pemandangan alami nan indah, serta udara dan lingkungan yang bersih, ditambah lagi dengan indahnya pemandangan gunung Salak; suasana yang benar-benar nyaman.. Inilah kesan pertama yang kami dapatkan ketika pertama kali datang ke sekolah ini. Ditambah lagi dengan posisinya yang hanya sekitar 4KM dari gerbang tol Ciawi (Jagorawi), membuat sekolah ini gampang sekali untuk diakses, khususnya bagi anda yang tinggal di Jabodetabek.

View Gunung Salak Tampak Dari Arah Bangunan Utama
Sekolah yang berdiri di bawah yayasan Khazanah Cahaya Iman ini sebenarnya adalah perpaduan antara SMP/SMA dan Pesantren. Dalam kegiatan belajar mengajar, Kurikulum yang dipakai adalah Kurikulum Nasional, namun diperkaya dengan kurikulum Cambridge untuk mata pelajaran MIPA, selain itu sekolah ini juga menggunakan sistem Bilingual yaitu dengan menggunakan Indonesia dan Inggris sebagai bahasa pengantar di kelas. Mata pelajaran yang disampaikan dengan bahasa Inggris yaitu MIPA (Matematik, Fisika, Biologi dan Kimia). Sedangkan mata pelajaran PKN, Agama, Sejarah, Bahasa Indonesia, IPS dan muatan lokal disampaikan dalam Bahasa Indonesia.

Selain itu, siswa juga diajarkan bahasa Arab, dan Tahfiz Al-Quran. Ini menjadikan siswa bukan hanya terbekali dengan pelajaran sains dan sosial budaya, tapi juga membuat mereka baik budi pekertinya, paham akan nilai-nilai agama Islam.

Laboratorium Biologi
Dari segi sarana dan prasarana, pembelajaran di gedung Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School terbilang sangat modern, di sini ruang kelas dilengkapi dengan berbagai fasilitas pembelajaran berteknologi modern, seperti smartboard dengan layar sentuh, laboratorium yang dilengkapi alat-alat eksperimen, sarana olahraga, kantin, serta dapur dan ruang makan.

Selain itu sesuai namanya, sekolah ini juga menggunakan sistem Boarding atau asrama, yang mana hampir semua siswa tinggal di sana. Dengan adanya asrama ini, proses pendidikan tidak hanya terbatas dengan kegiatan kegiatan belajar mengajar di kelas (KBM), akan tetapi banyak sekali kegiatan yang diadakan mulai dari pagi hingga malamnya. Tiap harinya di pagi hari ada kegiatan Tahfidz, di sore hari ada ekstra kurikuler, habis maghribnya ada kajian seperti Al-Quran, Hadis, Fiqih dan Sirah, serta selepas Isya diadakan belajar mandiri dimana siswa-siswa mengulangi kembali pelajaran yang telah dipelajari selama sehari, dan mempersiapkan pelajaran untuk esok harinya.

Bangunan Utama Tampak Dari Arah Samping
Adapun dari segi prestasi, sekolah yang mengusung motto pendidikan Islamic, Modern, dan Dinamic ini, walapun baru berdiri pada tahun 2015 lalu. Namun siapa sangka sekolah yang baru seumur jagung ini ternyata sudah mampu bersaing hingga tingkat Nasional. Terbukti pada bulan Juli kemarin Cahaya Rancamaya mengirimkan 3 siswanya untuk mengikuti olimpiade Sains Nasional (OSN) di Pekanbaru setelah sebelumnya lolos di tingkat kota Bogor dan Jawa Barat.

“Selamat kepada Muhammad Rozi Badrus (7) Dan Muhammad Mikail Rais (7) atas prestasinya yang akan mewakili Provinsi Jawa Barat pada OSN SMP 2017.” Demikian tulis admin Cahaya Rancamaya di Facebook Fanpagenya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School, Sekolah Modern Bernuansa Alami"

Posting Komentar