Kesederhanaan Khalifah Umar bin Khattab RA.

Lafazh Umar bin Khattab di Ayasofya Istanbul
Lafazh Umar bin Khattab di Ayasofya Istanbul
Pada suatu hari seorang utusan dari Byzantium (Romawi Timur) ditugaskan untuk menemui Umar bin Khattab ra. untuk membicarakan beberapa urusan.

Ketika tiba di Mekkah, utusan itupun bertanya pada seorang penduduk : "Bisakah anda tunjukkan padaku dimana Istananya Khalifah Umar?". 


Penduduk : "Khalifah Umar ra tidak memiliki istana" jawabnya. 

Di dalam hatinya, utusan Byzantium itu bergumam : "Tidak mungkin seorang penguasa besar yang kekuasaannya mencapai mesir dan syiria tidak memiliki istana, Orang tadi pasti berbohong!", gumamnya. 

Lantas ia pun melanjutkan pencarian kediaman Umar ra. dengan bertanya pada beberapa orang yang ia temui di pasar Mekkah, namun jawaban mereka sama, Umar ra tidak memiliki Istana. 

Seorang penduduk berkata : "Jika anda pergi lurus ke sana, dan melihat sebuah rumah kecil, maka itulah rumah Khalifah Umar ra". 

Sang utusan pun meneruskan perjalanannya menuju kediaman umar ra. 
Tidak berapa lama kemudian, ia pun bertanya pada seorang penduduk lagi : "Bisakah anda tunjukkan dimana Khalifah Umar berada?" 

Penduduk : "Lihatlah pohon kurma itu, laki2 yang duduk dibawah pohon itu adalah Khalifah Umar ra". 

Alangkah terkejutnya utusan itu, "Umar bin Khattab seorang khalifah yang kekuasaannya mencakup seluruh jazirah arab, tidak lain hanyalah seorang yang sangat sederhana, sedang duduk bersandar di bawah pohon kurma dengan pakaian seadanya, sungguh jauh berbeda dengan penguasa Byzantium yang tinggal di Istana megah", gumamnya dengan penuh rasa kagum.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Kesederhanaan Khalifah Umar bin Khattab RA."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel