Bagaimana Malaikat Izrail Mencabut Nyawa Banyak Makhluk Secara Bersamaan


Pertanyaan :
Malaikat Izrail Alaihissalam itu kan hanya satu (sendirian), lantai bagaimana ia mencabut nyawa banyak makhluk dalam satu waktu sementara ia hanyalah seorang diri saja?

Jawaban :
Sebelum menjawab pertanyaan ini, pertama-tama kita harus mengetahui bahwasannya yang memiliki kuasa secara mutlak dalam mencabut nyawa hanyalah Allah Azza wa jalla saja. Adapun posisi Malaikat Izrail sebagai pencabut nyawa hanyalah sekedar menjalankan tugas dan atas izin Allah semata. Artinya jika waktu tugasnya telah habis, maka habislah kemampuan malaikat itu untuk mencabut nyawa.

Adapun terkait pertanyaan bagaimana ia mencabut nyawa banyak makhluk dalam satu waktu sementara ia hanya sendirian.. Untuk menjawab pertanyaan ini marilah kita merenung sejenak memperhatikan alam yang diciptakan oleh Allah ini..

Putra Kapuas
Marilah kita lihat matahari yang bersinar terang itu.. Matahari yang hanya satu itu mampu memancarkan cahayanya ke berbagai penjuru alam dalam waktu yang bersamaan. Maka demikian pula Malaikat Izrail yang tercipta dari cahaya itu, sungguh tidak sulit sama sekali baginya –atas izin Allah- untuk mencabut nyawa banyak makhluk dalam satu waktu meskipun ia hanya sendirian, kemampuan ini sebenarnya adalah kemampuan cahaya yang mampu menjangkau berbagai penjuru dalam satu waktu yang bersamaan.

Bahkan sebenarnya bukan hanya cahaya, hari ini kita telah mengenal gelombang elektromagnetik yang sangat berguna di dunia komunikasi. Kita bisa lihat bahwa gelombang ataupun sinyal yang dikirimkan oleh sebuah server tenyata dapat menjangkau dan mempengaruhi beberapa perangkat elektronik sekaligus.. 

Putra Kapuas
Kita bisa lihat bahwa 1 tower BTS yang memancarkan sinyal handphone mampu menjangkau ribuan telefon genggam yang ada di sekitarnya. Ini hanyalah teknologi ciptaan manusia. Maka apalagi dengan malaikat Izrail alaihissalam? Ia adalah Malaikat yang diciptakan oleh Allah dan diberikan kemampuan khusus melebihi makhluk-makhluk Allah lainnya. Sudah barang tentu sangat mudah baginya untuk menjangkau banyak makhluk lainnya dalam satu waktu dengan kemampuan yang telah Allah berikan kepadanya tersebut.

Selain itu sebenarnya ada pandangan berbeda mengenai proses pencabutan nyawa ini. Ada pendapat yang menyebutkan bahwa sebenarnya Malaikat Izrail as. tidaklah seorang diri dalam menjalankan tugasnya ini. Ia hanyalah Malaikat yang diberikan tanggungjawab oleh Allah untuk memimpin tugas ini. Sementara di dalam tugasnya ini sebenarnya ada banyak Malaikat lain yang turut membantu. Di dalam Al-Quran Allah SWT berfirman:

“Demi malaikat yang mencabut nyawa dengan keras. Dan malaikat yang mencabut nyawa dengan lemah lembut. Dan malaikat yang turun dari langit dengan cepat. Dan malaikat yang mendahului dengan segera. Serta malaikat yang mengatur urusan dunia.” (An-Naziat : 1-5)

Ayat ini mengindikasikan bahwa sebenarnya terdapat sejumlah malaikat yang mencabut nyawa. Mereka semua bekerja di bawah perintah Izrail a.s. Adapun Malaikat Izrail sendiri atas perintah Allah mengirimkan malaikat yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi orang akan mati yang juga berbeda-beda, celaka atau bahagia.

Kendati demikian, andai kata hanya satu malaikat saja yang diutus oleh Allah SWT untuk mencabut nyawa makhluk-makhluknya, niscaya hal itu tidaklah sulit sama sekali baginya. Wallahu A’lam..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Malaikat Izrail Mencabut Nyawa Banyak Makhluk Secara Bersamaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel