Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Sahabat Nabi yang paling banyak meriwayatkan hadits


Sahabat - Sahabat Nabi (Ashabun Nabi) radhiyallahu anhum ajmain adalah orang-orang yang paling dekat dengan Nabi shallallahu alaihi wa sallam, karena itulah mereka tahu betul tutur kata dan kebiasaan Nabi.

Namun walaupun demikian, ternyata tidak semua sahabat itu sama. Dalam bidang hadits, ternyata ada para sahabat yang dikenal dengan istilah “Al-Muktsirun” yaitu sahabat-sahabat yang paling banyak meriwayatkan hadits, dan adapula yang disebut “Al-Muqillun” yaitu para sahabat Nabi yang tidak banyak meriwayatkan hadits.

Adapun diantara penyebab berbedanya para sahabat dalam periwayatan hadits adalah berbedanya kemampuan mereka dalam menghafal dan juga berbedanya lama para sahabat tinggal bersama Nabi shallallahu alaihi wa sallam.

Menurut para Imam hadits, biasanya ukuran banyak-sedikitnya periwayatan hadits adalah 1000 hadits. Maka jika sahabat meriwayatkan lebih dari 1000 hadits, sahabat tersebut dikategorikan sebagai “Al-Muktsir”. Berdasarkan itu, terdapat 7 sahabat Nabi yang dikategorikan sebagai Al-Muksirun (Orang-orang yang banyak meriwayatkan hadits), mereka adalah:

1. Abu Hurairah radhiyallahu anhu – 5374 Hadits.
Beliau adalah sahabat Nabi yang memiliki nama asli yang berbeda dari nama Kunyah (panggilan) beliau yang terkenal. Adapun nama asli beliau adalah Abdurrahman bin Shakhr Al-Yamani. Adapun Kunyah beliau “Abu Hurairah (Bapak kucing kecil)” adalah pemberian Nabi shallallahu alaihi wa sallam karena pada suatu hari Nabi shallallahu alaihi wa sallam melihat beliau sedang bermain-main bersama kucing kecil.

Beliau berasal dari Yaman dan hijrah ke Madinah pada masa Fathul Khaibar. Beliau juga dipercayai oleh Rasulullah untuk menggantikan beliau di Madinah ketika beliau sedang berangkat untuk ghazwah (perang yang diikuti oleh Nabi).

Abu Hurairah adalah salah satu sahabat yang sangat dekat dengan Nabi hingga akhir hayatnya. Adapun jumlah hadits yang diriwayatkan dari beliau adalah 5374 Hadits, dan terdapat sekitar 800 sahabat dan Tabiin yang meriwayatkan hadits dari beliau. Abu Hurairah wafat di kota Madinah pada tahun 58 H, di umur beliau yang ke-78 tahun.


2. Abdullah bin Umar radhiyallahu anhuma – 2630 Hadits.
Beliau adalah putra dari salah satu Khulafaur Rasyidin; Umar bin Khattab radhiyallahu anhu. Kunyah beliau adalah Abu Abdirrahman. Saudari beliau adalah Ummul Mu’minin Hafshah binti Umar; salah satu istri Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

Beliau dilahirkan pada tahun ke-3 dari kenabian, dan masuk Islam pada usia dini. Beliau berhijrah ke kota Madinah, namun tidak ikut perang Badar karena waktu itu usianya masih anak-anak dan ditolak oleh Nabi ketika beliau menyatakan diri ingin ikut berperang. Jumlah hadits yang beliau riwayatkan adalah 2630. Beliau wafat di kota Makkah pada tahun 73 H di umurnya yang ke 84 tahun.


3. Anas bin Malik Al-Anshari radhiyallahu anhu – 2286 Hadits.
Kunyah beliau adalah Abu Hamzah. Pada saat beliau masih berumur 10 tahun, ibunya membawa beliau ke hadapan Rasulullah dan menyerahkan beliau kepada Rasulullah untuk membantu segala urusan dan keperluan Rasulullah. Sejak saat itu beliau pun dekat dengan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan hidup dalam didikan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

Beliau adalah sahabat Nabi yang meninggal paling terakhir di antara para sahabat yang tinggal di kota Bashrah. Jumlah hadits yang beliau riwayatkan adalah 2286. Adapun 318 diantaranya diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim dalam Shahihain-nya. Beliau wafat pada tahun 93 Hijriyah pada usia lebih dari 100 tahun.


4. Ummul Mu’minin Aisyah radhiyallahu anha – 2210 Hadits.
Beliau adalah istri Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, sekaligus putri Khalifah yang pertama; Abu Bakar radhiyallahu anhu. Ayahanda beliau, Abu Bakar As-Shiddiq adalah salah satu sahabat yang paling dekat dengan Nabi.

Aisyah radhiyallahu anha adalah istri ketiga Rasulullah, dan diberi Kunyah Ummu Abdillah karena dekatnya beliau dengan Abdullah bin Zubair (keponakan beliau). Aisyah radhiyallahu anha adalah satu-satunya istri yang dinikahi oleh Rasulullah ketika masih gadis. Beliau terkenal dengan kecerdasan dan kekuatan daya ingatnya. Jumlah hadits yang beliau riwayatkan adalah 2210. Beliau wafat pada tahun 54 Hijriyah dan dimakamkan di pekuburan Baqi’ di kota Madinah.


5. Abdullah bin Abbas radhiyallahu anhuma – 1660 Hadits.
Beliau adalah sepupu Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, sekaligus putra dari Abbas bin Abdul Mutthalib radhiyallahu anhu paman Nabi. Ibunya adalah Ummul Fadhl, saudarinya adalah Maimunah radhiyallahu anha istri Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

Abdullah dilahirkan 3 tahun sebelum Hijrah ke Madinah. Beliau masuk Islam sejak masih kecil, pernah menyaksikan Fathul Makkah, Thaif, Hunain, serta Hajjatul Wada’. Beliau adalah sahabat yang ketika kecilnya pernah didoakan oleh nabi dengan doanya : “الَّلهُمَّ فَقِّهْهُ فِي الدِّيْنِ وَ عَلِّمْهُ التَّأْوِيْلَ”. “Ya Allah pahamkanlah ia akan agama dan ajarkanlah ia ilmu ta’wil” (HR. Bukhari – Muslim).

Di kemudian hari beliau tumbuh menjadi sahabat yang terkenal cerdas dan ilmunya luas, dengan demikian beliau pun dijuluki berbagai julukan keilmuan, diantaranya: Al-Bahr (Ilmunya seluas lautan), Hibrul Ummah (Tintanya ummat) dan Turjumanul Qur’an (Terjemahannya Al—Quran). Karena itulah beliau termasuk dalam jajaran Fuqahaaus-Shahaabah; Kumpulan sahabat yang paling paham akan agama. Jumlah hadits yang riwayatkan oleh beliau adalah 1660. Beliau wafat pada tahun 68 Hijriyah.


6. Jabir bin Abdullah Al-Anshari radhiyallahu anhuma – 1540 Hadits.
Beliau adalah Jabir bin Abdillah bin Amr bin Haram Al-Anshari. Beliau pernah mengikuti semua ghazwah kecuali ghazwatul Badar dan Uhud. Beliau adalah seorang sahabat yang tekun dalam mendengarkan hadits, sampai-sampai beliau pernah bepergian ke Syam hanya untuk mendengarkan hadits dari Abdullah bin Unais radhiyallahu anhu. Beliau wafat di kota Madinah pada tahun 78 Hijriyah di umurnya yang ke 94 tahun. Beliau adalah sahabat Nabi yang terakhir wafat di kota Madinah.


7. Abu Sa’id Al-Khudri Al-Anshari radhiyallahu anhu – 1170 Hadits.
Nama asli beliau adalah Sa’d bin Malik bin Sinan Al-Anshari Al-Khazraji. Beliau adalah salah satu dari 5 orang yang berbaiat kepada Nabi shallallahu alaihi wa sallam bahwasannya mereka tidak akan goyah dengan cercaan orang-orang dalam membela agama Islam. Jumlah hadits yang beliau riwayatkan adalah 1170, yang mana sebagiannya terdapat di dalam Sahih Bukhari dan Muslim. Beliau wafat pada tahun 74 Hijriyah pada umur 86 tahun.

_________________
Referensi:
- Qawaidut Tahdis fi Fununi Musthalahil Hadits, Muhammad Jamaluddin Al-Qasimi, Hal. 101.
- Website: https://www.almrsal.com/post/234109

Posting Komentar untuk "7 Sahabat Nabi yang paling banyak meriwayatkan hadits"