Mahfudzot Kelas 4 KMI Gontor Beserta Arti dan Penjelasannya (2)


قَالَ الإمَامُ عَلِيِّ ابْنِ أَبِيْ طَالِبٍ (المُتَوَفَّى سَنَةَ ٤۰ هـ)
Kata Imam Ali bin Abi Thalib (Wafat 40H)

عَلَيْكَ بِبِـرِّ الْـوَالِدَيْـــنِ كِـلَيْهِمَا # وَبِـرِّ ذَوِي الْقُرْبَـــى وَبِرِّ الْأَبَاعِدِ
وَلَا تَصْحَبَنَّ إِلَّا تَقِــــيًّا مُهَذَّبًا # عَفِيْفًا ذَكِـيًّــا مُنْجِزًا لِلْمَوَاعِدِ
وَكُنْ وَاثِقًا بِاللّٰهِ فِـيْ كُلِّ حَادِثٍ # يَصُنْكَ مَدَى الأَيَّامِ مِنْ شَرِّ حَاسِدِ
وَبِاللّٰهِ فَاسْتَعْصِــمْ وَلَا تَرْجُ غَيْرَهُ # وَلَا تَكُ بِالنَعْمَــاءِ عَنْهُ بِجَاحِدِ
وَغُضَّ عَنِ المَكْرُوْهِ طَرْفَكَ وَاجْتَنِبْ # أَذَى الجَارِ وَاسْتَمْسِكْ بِحَبْلِ المَحَامِدِ




Terjemahan:
Wajib bagimu berbakti pada kedua orang tua. Serta berbuat baik pada kerabat dekat maupun jauh.
Janganlah sekali-kali engkau bersahabat kecuali dengan orang yang bertakwa dan beradab. Yang punya rasa malu, cerdas, dan selalu menepati janji.
Jadilah orang yang berpegang teguh pada Allah dalam setiap perkataan. Dia akan menjagamu sepanjang hari dari keburukan pendengki.
Dan berlindunglah kepada Allah serta janganlah berharap kepada selain-Nya. Jangan pula menjadi orang yang ingkar akan nikmat-nikmat-Nya.
Tahanlah pandangan matamu dari segala hal yang dibenci Allah. Jauhilah menyakiti tetangga, dan berpegang teguhlah pada sifat-sifat terpuji.



Syarah / Penjelasan dan Kesimpulan:
1- Orang tua adalah orang yang menjadi Wasilah bagi kehadiran kita di dunia ini, karena itu hendaknya mereka mendapatkan penghormatan dan bakti yang sebaik-baiknya. Adapun setelah berbakti kepada kedua orangtua, kita juga hendaknya berbuat baik kepada kerabat dekat, kemudian kerabat jauh, dan seterusnya sampai kepada semua orang.

2- Dalam memilih sahabat ada beberapa kriteria yang perlu kita perhatikan, diantaranya adalah bahwa orang yang menjadi sahabat kita tersebut hendaklah memiliki ketakwaan serta punya adab sopan santun yang baik. Selain itu hendaklah ia merupakan orang yang punya rasa malu untuk berbuat hal-hal yang tidak baik. Kemudian ia hendaknya juga memiliki kecerdasan serta selalu menepati janji. Karena sahabat adalah orang yang akan mempengaruhi karakter kita baik secara langsung maupun tidak langsung. Rasulullah SAW bersabda:
Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk itu ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak, maka engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tidak sedap.” (HR. Bukhari 5534 dan Muslim 2628)

¾- Hal ini senada dengan hadis Rasulullah SAW yang artinya:
Jagalah Allah, niscaya Dia akan menjagamu. Jagalah Allah, niscaya kau dapati Dia di hadapanmu. Jika engkau hendak meminta, mintalah kepada Allah, dan jika engkau hendak memohon pertolongan, mohonlah kepada Allah...” (HR. Tirmidzi dan Ahmad)


5- Salah satu perintah Allah kepada orang-orang mukmin adalah menjaga pandangan dari hal-hal yang tidak seharusnya mereka lihat, dalam Al-Quran Allah SWT berfirman:
قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ذَلِكَ أَزْكَى لَهُمْ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُونَ
Katakanlah kepada laki-laki yang beriman,’Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya. Yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.’” (QS. An-Nur : 30).

(Untuk Kata Mutiara Lainnya : Kumpulan Mahfudzot Kelas 1 - 5 KMI Gontor)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Mahfudzot Kelas 4 KMI Gontor Beserta Arti dan Penjelasannya (2)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel