Mahfudzot Kelas 4 KMI Gontor Beserta Arti dan Penjelasannya (4)


قَالَ السَيِّدُ أَحْمَدُ الهَاشِمِي
Kata Sayyid Ahmad Al Hasyimi

عَلَيْكَ بِالصَبْرِ وَالإِخْلاَصِ فيِ العَمَلِ # وَلَازِمِ الخَيْرَ فيِ حَلٍّ وَمُرْتَحَلِ
وَ جَانِبِ الشَرَّ وَ اعْلَمْ أَنَّ صَاحِبَهُ # لَا بُدَّ يُجْزَاهُ فيِ سَهْلٍ وَفيِ جَبَلِ
وَاصْبِرْ عَلىَ مَضَضِ الأَيَّامِ مُحْتَمِلًا # فَفِيْهِ قَرْعٌ لِبَابِ النُجْحِ وَالأَمَلِ
لاَ تَطْلُبِ العِزَّ فِـي دَارٍ وُلِدْتَ بِهَا # فَالعِزُّ عِنْدَ رَسِيْمِ الأَيْنُقِ الذُلَلِ
شَمِّرْ وَ جِدَّ لِأَمْرٍ أَنْتَ طَـالِبُهُ # إِذْ لَا تُنَالُ المَعَاليِ قَطُّ بِالكَسَلِ
وَ لَا تُجَادِلْ جَهُوْلًا لَيْسَ يَفْهَمُ مَا # تَقُوْلُ فَالشَرُّ كُلَّ الشَرِّ فيِ الجَدَلِ




Terjemahan:
Hendaklah engkau sabar dan ikhlas dalam beramal. Selalulah berbuat baik, ketika di kampung halaman maupun ketika dalam perjalanan.
Hindarilah kejahatan, dan ketahuilah bahwa pelakunya. Pasti mendapat balasan, baik di lembah maupun di gunung.
Dan bersabarlah atas segala musibah yang menimpa hari-harimu. Karena di dalamnya ada jalan menuju kesuksesan dan cita-cita.
Janganlah mencari kemuliaan di tempat kelahiranmu. Kemuliaan itu terletak pada jejak kaki unta yang jinak.
Singsingkanlah lengan baju dan bersungguh-sungguhlah untuk sesuatu yang kau inginkan. Karena kesuksesan tidak akan pernah tercapai dengan kemalasan.
Janganlah mendebat orang bodoh yang tidak memahami perkataanmu. Seburuk-buruk perbuatan buruk adalah berdebat (dengan orang bodoh).


Syarah / Penjelasan dan Kesimpulan:
1. Hendaknya engkau selalu sabar dan ikhlas di setiap pekerjaan karena hasil yang baik dari sebuah pekerjaan tak akan didapatkan kecuali dengan kesabaran, ketekunan, dan keikhlasan. Selain itu, hendaknya engkau selalu berbuat baik dimanapun dan kapanpun.

2. Engkau juga hendaknya selalu menghindar dari berbuat keburukan dimanapun engkau berada, karena orang yang melakukan keburukan pasti akan mendapatkan balasannya cepat atau lambat, di manapun ia berada.

3. Musibah dan cobaan itu pasti akan datang kepadamu, maka kewajibanmu adalah bersabar saat ia datang, karena kesabaran saat datangnya musibah adalah kunci untuk mencapai kesuksesan dan mendapatkan apa yang engkau cita-citakan.

4. Jika engkau menginginkan sebuah martabat yang tinggi, maka janganlah engkau berdiam saja di tempatmu berada, karena sebuah kemuliaan itu tidak akan bisa didapatkan dengan berdiam diri di tempat. “Kemuliaan itu terletak pada jejak kaki unta”, maksudnya adalah bahwa engkau harus melakukan perjalanan untuk mendapatkan kemuliaan itu.

5. Jika engkau menginginkan kesuksesan dalam sebuah pekerjaan, maka engkau tidak boleh setengah-setengah dalam bekerja. “Singsingkanlah lengan bajumu”, maksudnya ialah tunjukkanlah kesungguhan dan kerja kerasmu karena kesuksesan itu tak akan bisa didapatkan dengan kemalasan.

6. Orang bodoh itu tidak mengetahui hakikat permasalahanmu, maka jika engkau bertemu dengannya, janganlah engkau berdebat dengannya tentang hal yang ia tidak pahami, karena perdebatan itu tak akan berkesudahan dan tidak akan memberikan manfaat apapun.

(Untuk Kata Mutiara Lainnya : Kumpulan Mahfudzot Kelas 1 - 5 KMI Gontor)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Mahfudzot Kelas 4 KMI Gontor Beserta Arti dan Penjelasannya (4)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel