Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teks Pidato Bahasa Arab dan Artinya: Peradaban Islam Membawa Perubahan


Berikut ini adalah contoh Pidato Bahasa Arab dengan tema Peradaban Islam Membawa Perubahan ( الحضارة الإسلامية تجلب التغيير ) yang sudah pernah kami pakai untuk melatih siswa kami dalam rangka pembelajaran Bahasa Arab dan juga persiapan lomba, semoga bermanfaat.


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ...
الحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَدِيْنِ الْحَـقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَكَفَى بِاللهِ شَهِيْدًا.
أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لَا نَبِيَّ وَلَا رَسُوْلَ بَعْدَهُ.
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إبْراهِيمَ،
وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ فِي الْعَالَمِيْن،  إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ. أَمَّا بَعْدُ...

أَصْحَابَ الْفَضِيْلَةِ... هَيْئَةَ التَّحْكِيْمِ
أَصْحَابَ الْفَضِيْلَةِ... جَمِيْعَ الْأَسَاتِيْذِ الْكِرَامِ
صَاحِبَ الْفَضِيْلَةِ... رَئِيْسَ الْجَلْسَةِ
وَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ الْمَحْبُوْبُوْنَ...

أُحَيِّيْكُمْ تَحِيَّةً إِسْلَامِيَّةً، تَحِيَّةً يُكْرَمُ بِهَا أَهْلُ الْجَنَّةِ، تَحِيَّةً تُدْخِلُ الْقُلُوْبَ سُرُوْرًا وَسَلَامًا:
السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ.

أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ الْكِرَامُ!
قَبْلَ أَنْ أَتَكَلَّمَ، أَوَدُّ أَنْ أَشْكُرَ رَئِيْسَ الْجَلْسَةِ الَّذِى قَدْ أَعْطَانِيْ فُرْصَةً غَالِيَةً لِأَتَكَلَّمَ بَيْنَ أَيْدِيْكُمْ تَحْتَ الْمَوْضُوْعِ: الحَضَارَةُ الْإِسْلَامِيَّةُ تَجْلِبُ التَّغْيِيْرَ

أَيُّهَا الإِخْوَانُ الْأَحِبَّاءُ!
حَمَلَ دِيْنُ الْإِسْلَامِ تَغْيِيْرًا كَبِيْرًا عَلَى حَضَارَةِ الدُّنْيَا.
فَقَبْلَ مَجِيْئِ الْإِسْلَامِ كَانَ الْعَرَبُ أَقْوَامًا مُتَفَرِّقَةً، تَحَارَبَ بَعْضُهُمْ بَعْضًا.
لَكِنْ بَعْدَ أَنْ جَاءَ الْإِسْلاَمُ صَارَتْ هَذِهِ الْأَقْوَامُ الْمُتَفَرِّقَةُ مُتَّحِدَةً فَتَقَدَّمَتْ حَضَارَتُهَا تَقَدُّمًا كَبِيْرًا.

وَالسَّبَبُ عَلَى ذَالِكَ أَنَّ الْعُلَمَاءَ ذَهَبُوْا إِلَى أَنَّ هُنَاكَ نَوْعَيْنِ مِنَ الآيَاتِ:
الأُوْلَى هِيَ الآيَاتُ الْقَوْلِيَّةُ فَهِيَ آيَاتُ الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ الَّتِى نَقْرَؤُهَا كُلَّ يَوْمٍ..
وَالثَّانِيَةُ هِيَ الآيَاتُ الْكَوْنِيَّةُ فَهِيَ الآيَاتُ الدَّالَّةُ عَلَى وُجُوْدِ اللهِ وَ قُدْرَتِهِ تَعَالَى فِي هَذَا الْعَالَم.

لِذَلِكَ يَنْبَغِى لِكُلِّ مُسْلِمٍ أَنْ يَدْرُسَ الْعُلُوْمَ الدُّنْيَوِيَّةَ بِالإِضَافَةِ إِلَى الْعُلُوْمِ الدِّيْنِيَّةِ، لِأَنَّ الْعُلُوْمَ الدِّيْنِيَّةَ تَكُوْنُ وَسِيْلَةً لِرَأْيِ ذَاتِ اللهِ فِيْ الْآخِرَةِ وَ الْعُلُوْمَ الدُّنْيَوِيَّةَ تَكُوْنُ وَسِيْلَةً لِرَأْيِ  قُدْرَةِ اللهِ وَعَظَمَتِهِ فِي هَذِهِ الدُّنْيَا.
أَلَيْسَ كَذَالِكَ أَيُّهَا الْإِخْوَانُ؟؟؟

أَيُّهَا الإِخْوَانُ الْأَحِبَّاءُ!
إِذَا تَأَمَّلْنَا التَّارِيْخَ، وَجَدْنَا أَنَّ عُلَمَاءَنَا الْقُدَمَاءَ كَانُوْا لَا يُتْقِنُوْنَ الْعُلُوْمَ الدِّيْنِيَّةَ فَحَسْبُ، بَلْ كَانُوْا أَيْضًا خُبَرَاءَ فِي الْعُلُوْمِ الدُّنْيَوِيَّةِ.

مَثَلاً: ابْنُ سِيْنَا، فَهُوَ كَاتِبُ كِتَابِ الْقَانُوْنِ فِي الطِّبِّ، اِشْتَهَرَ كِتَابُهُ حَتَّى صَارَ كِتَابًا مُقَرَّرًا لِجَمِيْعِ طُلَّابِ كُلِّيَّةِ الطِّبِّ فِي أَوْرُبَا إِلَى سَنَةِ أَلْفٍ وَسِتِّمِئَاتٍ مِيْلاَدِيَّةً.

وَ الْخَوَارِزْمِي، كَانَ عَالِمًا كَبِيْرًا فِي الرِّيَاضِيَّاتِ، وَلَهُ خِدْمَةٌ كَبِيْرَةٌ فِي تَأْسِيْسِ عِلْمِ الْجَبْرِ أَيْ Aljabar  وَالْخَوَارِزْمِيَّةِ أَيْ Algoritma.

وَ ابْنُ خَلْدُوْنَ، كَانَ عَالِمًا كَبِيْرًا لُقِّبَ بِمُؤَسِّسِ عِلْمِ الْاِجْتِمَاعِ أَيْ Sosiologi، كَتَبَ كِتَابَ الْمُقَدِّمَةِ الْمَشْهُوْرَةِ، وَحَفِظَ الْقُرْاَنَ مِنْ صِغَرِ عُمْرِهِ.

وَهُنَاكَ الْكَثِيْرُ مِنَ الْعُلَمَاءِ الْمُسْلِمِيْنَ الَّذِيْنَ لَدَيْهِمْ تَأْثيرٌ كَبِيْرٌ فِيْ تَقَدُّمِ حَضَارَةِ الدُّنْيَا حَتَّى يَوْمِنَا هَذَا، لِذَلِكَ فَمِنَ الْحَمَاقَةِ إِذَا اعْتَقَدَ أَحَدٌ أَنَّ الْأِسْلَامَ يَعُوْقُ تَقَدُّمَ الْحَضَارَةِ العَالَمِيَّةِ ، لِأَنَّهُ فِي الْحَقِيْقَةِ كَانَ لِلْإِسْلَامِ سَهْمٌ كَبِيْرٌ فِي تَغْيِيْرِ وَتَقَدُّمِ حَضَارَةِ الدُّنْيَا.

فَالْخُلَاصَةُ: لِلْإِسْلَامِ تَأْثِيْرٌ كَبِيْرٌ عَلَى تَقَدُّمِ حَضَارَةِ الدُّنْيَا.

أَكْتَفِيْ بِهَذَا الْكَلَامِ ، أَسْتَعْفِيْكُمْ مِنْ كُلِّ خَطَأٍ وَ نِسْيَانٍ ، وَ أَشْكُرُكُمْ عَلَى حُسْنِ اهْتِمَامِكُمْ، إِلَى اللِّقَاءِ إِنْ شَاءَ اللهُ.

وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ.


Terjemahan:
Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang. Segala puji hanya milik Allah yang telah mengutus Rasul-Nya dengan hidayah dan Agama yang Haq, untuk memenangkannya atas semua agama lainnya, dan cukuplah Allah sebagai saksi.

Aku bersaksi bahwasanya tiada tuhan selain Allah dan Muhammad itu hamba dan utusan Allah, serta tiada nabi dan rasul setelahnya.

Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan kepada keluarga junjungan kami Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Limpahkan pula keberkahan bagi junjungan kami Nabi Muhammad dan bagi keluarga junjungan kami Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan keberkahan bagi Nabi Ibrahim dan bagi keluarga Nabi Ibrahim di segenap alam. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.

Yang terhormat, dewan juri.
Yang terhormat, para ustadz.
Yang terhormat, pembawa acara.
Dan hadirin yang tercinta...

Saya haturkan salam penghormatan, salam penghormatannya ahli surga, salam penghormatan yang memberikan kebahagiaan dan kedamaian..

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Para hadirin yang terhormat
Sebelum saya berbicara lebih lanjut, saya ingin ucapkan terima kasih kepada pembawa acara yang telah memberikan saya kesempatan untuk berbicara dengan judul:

Peradaban Islam Membawa Perubahan

Saudara-saudara yang terhormat,
Agama Islam telah membawa perubahan yang besar pada peradaban dunia.
Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa sebelum datangnya Islam, bangsa Arab adalah kaum-kaum yang terpecah belah, dan saling berperang satu sama lain. Tapi setelah Islam datang, kaum-kaum yang terpecah belah ini tiba-tiba menjadi bangsa yang bersatu, maka peradabannya pun maju dengan sangat pesat.

Adapun di antara hal yang mendorong kemajuan Islam adalah bahwasanya para ulama berpendapat bahwa ada 2 jenis ayat:
Yang pertama adalah Ayat-Ayat Qauliyah, yaitu ayat-ayat Al-Quran yang kita baca setiap hari..
Dan yang kedua adalah Ayat-ayat Kauniyah, yaitu ayat-ayat yang menunjukkan keberadaan dan kekuasaan Allah Ta’ala di alam semesta ini.

Karena itu sudah sepantasnya bagi setiap muslim untuk mempelajari ilmu-ilmu duniawi di samping ilmu-ilmu agama, karena ilmu-ilmu agama ini menjadi wasilah untuk melihat Dzat Allah di akhirat kelak, sedangkan ilmu-ilmu duniawi akan menjadi wasilah untuk melihat kekuasaan Allah dan keagungannya di dunia ini. Bukankah begitu?

Jika kita melihat sejarah, kita akan mendapati bahwa banyak dari ulama-ulama kita terdahulu tidak hanya menguasai ilmu agama saja, namun mereka juga ternyata pakar dalam ilmu-ilmu duniawi.

Sebut saja Ibnu Sina, beliau adalah penulis buku The Canon of Medicine (Al-Qanun fit Thibb), buku ini sangat terkenal sampai-sampai ia menjadi buku paket para mahasiswa kedokteran di Eropa hingga abad ke-16 Masehi.

Ada lagi Al-Khawarizmi, beliau adalah ilmuwan besar di bidang Matematika, beliau memiliki andil besar dalam pembentukan ilmu Aljabar dan juga Algoritma.

Selain itu ada pula Ibnu Khaldun, beliau adalah ilmuwan besar yang dijuluki sebagai bapak ilmu Sosiologi, beliau adalah penulis buku Al-Muqaddimah yang sangat terkenal. Menariknya, beliau telah hafal Al-Quran sejak usia dini.

Dan sebenarnya masih banyak lagi para cendekiawan muslim yang memiliki pengaruh besar terhadap kemajuan peradaban dunia sampai hari ini, karena itulah sangat bodoh apabila ada orang yang mengatakan bahwa Islam menghalangi kemajuan peradaban dunia, karena pada hakikatnya justru Islam memiliki andil besar dalam mengubah dan memajukan peradaban dunia.

Maka sebagai kesimpulan: Sungguh Islam memiliki pengaruh besar terhadap kemajuan peradaban dunia.

Demikianlah, saya cukupkan sampai sekian, mohon maaf apabila ada kesalahan dan kealpaan. Saya ucapkan terima kasih atas segala perhatiannya. Sampai jumpa lagi insya Allah.

Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

Posting Komentar untuk "Teks Pidato Bahasa Arab dan Artinya: Peradaban Islam Membawa Perubahan"