Muthola'ah Kelas 2 KMI Beserta Artinya (Bagian 9)


Berikut ini adalah teks bahasa Arab berharakat lengkap beserta Terjemahan dari Muthala’ah Kelas 2 KMI Gontor Bagian 9 yang membahas tentang mata dan pentingnya ia bagi kita.

العَيْنُ
Mata

العَيْنُ جَوْهَرَةٌ غاليَةٌ لَا يُمْكِنُ أَنْ تُشْتَرَى بِالْمَالِ. والْإِنْسَانُ يَسْتَعْمِلُهَا فِي النَّظَرِ إِلَى كُلِّ شَيْءٍ. وَيَعْرِفُ بِهَا الخَبِيْثَ مِنَ الطَّيِّبِ. وَهِيَ تَتَحَرَّكُ يَمِيْنًا وَشِمَالًا وَفَوْقَ وَتَحْتَ. كَيْ يَكُوْنَ عَمَلُهَا أَكْثَرَ. والرَّأْسُ يَدُورُ فِي هَذِهِ الجِهَاتِ كَذَلِكَ ليَزيْدَ فِي نَفْعِهَا.
وَلِهَذِهِ الفَوائِدِ صَنَعَهَا اللَّهُ فِي مَحْجَرٍ صُلْبٍ مِنَ العَظْمِ. وَجَعَلَ عَلَيْهَا مِنَ الجُفُوْنِ غِطَاءً يَحْفَظُهَا مِنَ الأَذَى. وَحَاطَهَا بِأَهْدَابٍ مِنْ الشَّعْرِ. لِتَكُوْنَ سِيَاجًا يَذُبُّ عَنْهَا الذُّبَابَ وَالبَعُوْضَ والغُبَارَ. الَّتِيْ تَدْخُلُ العَيْنَ فَتُسَبِّبُ لَهَا الأَلَمَ والْمَرَضَ. وَسَلَّطَ عَلَيْهَا مَاءً جَارِيًا يَغْسِلُ مَا يَدْخُلُ فِيْهَا مِنَ الْأَوْسَاخِ.
وَمَنْ أَرَادَ أَنْ يُحَافِظَ عَلَى نَظَرِهِ وَسَلَامَةِ عَيْنَيْهِ يَلْزَمُهُ أَنْ لَا يَسْمَحَ لِلذُّبَابِ أَوِ الْبَعُوْضِ بِأَنْ يَنْزِلَ عَلَى وَجْهِهِ. بَلْ يَذُبُّهُمَا بِيَدَيْهِ دَائِمًا. وَكَثْرَةُ غَسْلِ الوَجْهِ بِالْمَاءِ الصَّافِيْ تَجْلُو العَيْنَ وَتُسَاعِدُ عَلَى طَرْدِ الذُّبَابِ.



المُفْرَدَاتُ/Kosakata
جَوْهَرَةٌ : Permata
الخَبِيْثُ : Sesuatu yang buruk
جِهَةٌ ج جِهَاتٌ : Arah
صُلْبٌ : Keras/Solid
جَفْنٌ ج جُفُوُنٌ : Kelopak mata
هُدْبٌ ج أَهْدَابٌ : Bulu mata
سِيَاجٌ : Pagar/pembatas
ذَبَّ – يَذُبُّ : Menghalau/melindungi dari
ذُبَابٌ : Lalat
بَعُوْضٌ : Nyamuk
غُبَارٌ : Debu
سَمَحَ - يَسْمَحُ : Mempersilahkan
صَافٍ : Jernih


Terjemahan:
Mata adalah permata mahal yang tak mungkin bisa dibeli dengan harta. Manusia menggunakannya untuk melihat segala sesuatu. Dengannya manusia bisa membedakan yang buruk dari yang baik. Mata selalu bergerak ke kanan dan ke kiri, ke atas dan ke bawah. Supaya ia bisa bekerja lebih efektif. Selain itu, kepala juga selalu berputar berdasarkan arah-arah tadi untuk memberi manfaat lebih bagi mata.

Karena manfaat inilah, Allah menjadikannya berada pada rongga mata (orbita mata) yang kokoh yang terbuat dari tulang. Allah menciptakan kelopak mata di atasnya sebagai penutup baginya yang melindunginya dari bahaya. Allah juga melengkapinya dengan bulu-bulu mata yang berperan sebagai pelindung baginya dari lalat, nyamuk, dan debu yang dapat masuk ke dalamnya sehingga menyebabkan penyakit. Selain itu Allah juga membekali mata dengan air mengalir yang membersihkan kotoran yang masuk ke dalamnya.

Barang siapa yang ingin memelihara penglihatan dan kesehatan matanya, maka wajib baginya untuk tidak membiarkan lalat ataupun nyamuk untuk hinggap di wajahnya, ia harus selalu mengusirnya dengan tangannya. Selain itu, banyak mencuci wajah dengan air jernih juga dapat meningkatkan kemampuan penglihatan dan juga dapat membantu dalam mengusir lalat.

Kata kunci transliterasi: al-‘Aynu, jauharatun ghaliyah, siyaaj, dzubaab, ba’uudh, ghubaar, yasmahu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Muthola'ah Kelas 2 KMI Beserta Artinya (Bagian 9)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


Video Terkait: Penjelasan Mahfuzhat KMI