Muthola'ah Kelas 2 KMI beserta Artinya (Bagian 14) + Soal Latihan dan Jawaban


Berikut ini adalah teks bahasa Arab berharakat lengkap beserta Terjemahan dari Muthala’ah Kelas 2 KMI Gontor Bagian 14 yang membahas tentang seorang anak bernama Abdullah dan seekor burung. Di akhir artikel ini kami juga menyediakan contoh-contoh soal Muthala’ah beserta kunci jawabannya, semoga dapat membantu para rekan-rekan dalam mengajar maupun para pelajar yang sedang belajar. Selamat menikmati :)


عَبْدُ اللهِ وَالْعُصْفُوْرُ (۱)
Abdullah dan burung kecil (1)

خَرَجَ عَبْدُ اللهِ يَوْمًا لِلتَّنَزُّهِ فِيْ حَدِيْقَةِ بَيْتِهِ. فَرَأَى عُشًّا عَلَى رَأْسِ شَجَرَةٍ عَالِيَةٍ. وَفِيْهِ عَصَافِيْرُ صَغِيْرَةٌ تُشَقْشِقُ. وَلَمَّا سَمِعَ صَوْتَهَا أَرَادَ أَنْ يَأْخُذَ وَاحِدًا مِنْهَا فَصَعِدَ فِيْ سُلَّمٍ عَلَى الشَّجَرَةِ حَتَّى وَصَلَ إِلَى الْعُشِّ وَمَدَّ يَدَهُ إِلَيْهَا.
فَصَاحَتِ الْعَصَافِيْرُ خَوْفًا وَفَزَعًا. وَلَكِنَّ قَلْبَهُ مَا رَقَّ لِحَالِهَا. بَلْ أَخَذَ مِنْهَا وَاحِدًا وَنَزَلَ بِهِ. وَهُوَ يَسْمَعُ صُرَاخَ الْعَصَافِيْرِ الْأُخْرَى. كَأَنَّهَا تَبْكِيْ عَلَى فِرَاقِهِ. وَأَخَذَ يُقَبِّلُهُ وَ يَلْعَبُ بِهِ وَلَمْ يَعْلَمْ مَا يُقَاسِيْهِ مِنَ الْأَلَمِ وَالْحُزْنِ عَلَى فِرَاقِ أَهْلِهِ. بَلْ سَارَ مُسْرِعًا وَالْعُصْفُوْرُ بَيْنَ يَدَيْهِ. يَصِيْحُ وَيَتَلَوَّى وَيَضْرِبُ بِجَنَاحَيْهِ وَلَا مُغِيْثَ يُغِيْثُهُ.


المُفْرَدَاتُ/Kosakata
تَنَزُّهٌ : Jalan-jalan
عُشٌّ : Sarang burung
شَقْشَقَ - يُشَقْشِقُ : (Burung) berbunyi
سُلَّمٌ : Tangga
فِرَاقٌ : Perpisahan
قَبَّلَ – يُقَبِّلُ : Mencium
قَاسَى – يُقَاسِيْ : Menderita
أَلَمٌ : Rasa sakit
تَلَوَّى – يَتَلَوَّى : Menggeliat



Terjemahan:
Suatu hari Abdullah keluar untuk jalan-jalan di kebun rumahnya. Tiba-tiba ia melihat sebuah sarang burung di pucuk sebuah pohon yang tinggi. Di dalamnya ada burung-burung kecil yang bersuara. Ketika mendengarnya, ingin lah ia mengambil salah satu dari burung itu, maka ia pun memanjat pohon itu dengan sebuah tangga hingga ia sampai ke sarang burung tersebut dan merentangkan tangan kepada burung-burung itu.

Mereka pun bersuara keras karena ketakutan. Akan tetapi hatinya tak merasa kasihan atas keadaan burung-burung itu. Ia malah mengambil salah satu dari mereka dan turun bersamanya. Sementara itu ia mendengar suara keras burung-burung yang lain. Seakan-akan mereka menangis atas kepergian burung yang diambilnya itu. Kemudian Abdullah pun mulai menciumi burung yang ia ambil tersebut dan bermain-main dengannya, tanpa paham akan rasa sakit dan sedih akibat perpisahan dengan keluarga yang dirasakan oleh burung itu. Kemudian ia pun berjalan dengan cepat sedangkan burung itu berada dalam genggamannya, menjerit-jerit, meronta-ronta, dan mengepak-ngepakkan kedua sayapnya tanpa ada seorang pun yang menolongnya.

Bersambung ke Abdullah wal Ushfur Bagian 2.

التَدْرِيْبَاتُ/Latihan
الأَلِفُ. أَجِبْ عَنْ هَذِهِ الْأَسْئِلَةِ التَّالِيَةِ!
۱. مَاذَا رَأَى عَبْدُ اللهِ فِي الْحَدِيْقَةِ؟
۲. كَيْفَ أَخَذَ عَبْدُ اللهِ الْعُصْفُوْرَ؟

البَاءُ. ضَعِ الْكَلِمَاتِ الْآتِيَةَ فِيْ جُمَلٍ مُفِيْدَةٍ!
۱. غُشٌّ
۲. أَلَمٌ

***

الإجابة/Jawaban
الأَلِفُ.
۱. رَأَى عَبْدُ اللهِ عُشًّا عَلَى رَأْسِ شَجَرَةٍ عَالِيَةٍ.
۲. صَعِدَ فِيْ سُلَّمٍ عَلَى الشَّجَرَةِ حَتَّى وَصَلَ إِلَى الْعُشِّ.

البَاءُ.
۱. غُشٌّ ---> فِي الْعُشِّ عَصَافِيْرُ كَثِيْرَةٌ.
۲. أَلَمٌ ---> شَعَرَ أَحْمَدُ بِالْأَلَمِ فِيْ بَطْنِهِ.

Kata kunci transliterasi: Abdullah wal usfur, tanazzuh, hadiiqah, ‘usy, ashafiir, tusyaqsyiqu, firaqu ahlihi, yasihu, yatalawwa, mughis, yughis.

Baca juga :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Muthola'ah Kelas 2 KMI beserta Artinya (Bagian 14) + Soal Latihan dan Jawaban"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel