Eratnya Hubungan Bahasa Turki dengan Bahasa Arab

Potongan Surat Kabar Berbahasa Turki Usmani
Bahasa Arab adalah bahasa yang sangat dominan sekali dalam komposisi kata di dalam bahasa Turki, lebih lagi di dalam bahasa Turki Usmani. Hal ini disebabkan oleh banyaknya pemakaian bahasa Arab dalam tatanan masyarakat Turki Usmani selama berabad-abad. Pada masa Turki Usmani, bahasa Arab adalah bahasa Agama, bahasa Persia adalah bahasa sastra, sedangkan bahasa Turki Usmani adalah bahasa sehari-hari. Jadi karena itulah ketika kita membaca naskah-naskah berbahasa Turki Usmani, kita akan banyak sekali menemukan kata-kata yang berasal dari bahasa Arab dan Persia.

Maka berbahagialah bagi anda yang sudah pernah mempelajari bahasa Arab dan akan atau sedang mempelajari bahasa Turki saat ini. Percayalah, modal bahasa Arab anda
itu akan sangat membantu anda dalam mempelajari Bahasa Turki.

Photo di atas adalah sedikit potongan dari sebuah surat kabar berbahasa Turki Usmani yang diterbitkan di Istanbul pada masa akhir Daulah Usmaniyah. Jika kita lihat komposisi kata pada potongan surat kabar diatas, terlihat jelas bahwa bahasa Arab sangat mendominasi. Semua kata yang digaris merah pada potongan di atas adalah kata-kata yang asalnya dari bahasa Arab.

Misalkan :
* Cezire (Jaziirah) artinya pulau.
* Fevka'l-Ade (Fauqal 'Adah) artinya luar biasa.
* Bi tabii (Bit Thab'i) artinya secara alami, pastinya, dll.
Jadi, bisa kita temukan banyak sekali kosa kata berbahasa Arab dalam bahasa Turki.
Sekarang mari kita lihat transliterasi potongan surat kabar di atas ke dalam bahasa Turki dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia:

CAVA
   Ma ba'd..
Cezirenin kabiliyet-i ziraiyesi fevka'l-ade olup pirinç ve saire hububat zarolunur. Ve senede iki defa mahsul olunur. Cezire hat üstü üzerinde olduğu için bi tabii pek sıcaktır. Hiç kar düşmez. Fakat havası sağlamdır. Hele cezirenin dağlık mahallelerinde hava pek latiftir. Cezirenin metruk bir yeri . . .


Artinya :

JAWA
Amma ba'd.
Kemampuan pertanian di pulau ini sangat luar biasa, beras dan bahan makanan lainnya ditanam dan dalam setahun dipanen sebanyak 2 kali. Karena pulau ini terletak di garis Khatulistiwa, maka secara alami udaranya sangat panas. Tak pernah turun salju, akan tetapi udaranya sehat, apalagi daerah pegunungannya, udaranya sangat segar. Ada suatu daerah di pulau ini . . .


Bagaimana? tertarik untuk belajar bahasa Turki 🙂

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel