Mengenal Maklube : Makanan Khas Arab - Turki

Maklube Nasi, Kentang dan Daging

Maklube adalah makanan khas yang dikenal baik di daerah-daerah perbatasan Turki-Suriah, seperti kota Siirt dan Mardin. Makanan ini disebut "Maklube", sebuah kata yang berasal dari bahasa Arab "مَقْلُوْبَةٌ" yang artinya "yang dibalik". Dinamakan demikian karena memang makanan ini disajikan dengan cara membalikkan panci yang berisi nasi dan lauk.

Adapun proses pembuatan dan penghidangannya: 
Pertama-tama panci yang akan dipakai untuk membuat Maklube diberi sedikit minyak Zaitun, kemudian diatasnya ditaruh potongan-potongan tipis kentang yang sudah sedikit digoreng, ataupun boleh juga diganti dengan bawang bombai, setelah itu diatasnya diletakkan potongan-potongan wortel, kemudian diatasnya dimasukkan daging sapi ataupun domba, kemudian diatasnya ditaruh beras, kemudian diatasnya lagi ditaruh daging lagi, kemudian beras lagi, dst hingga pancinya lumayan penuh. Kemudian dimasukkan air dan garam secukupnya, kemudian dimasak tanpa diaduk.

Setelah matang, nasi dan lauk tadi dikeluarkan dari panci dengan cara membalikkan panci tersebut. Kemudian di sekitar nasi tersebut ditaburi "Salata" (Salad), dan  tak lupa pula yogurt pun diikutsertakan untuk menghiasi Maklube.
 
Konon katanya
Maklube ini pertama kali masuk ke Turki dibawakan oleh seorang Arab yang dikemudian hari menikahi gadis Turki yang bernama "Makbule".
Sejak itu muncul ungkapan:
"Maklube'yi getirdi, Makbule'yi götürdü". Yang artinya: "Dia datang membawa Maklube dan pulang membawa Makbule".

Selamat mencoba J

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Maklube : Makanan Khas Arab - Turki"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel