Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mahfudzot Kelas 3 KMI Gontor Beserta Arti dan Penjelasannya (7)


لإبْنِ دُرَيْدَ الأُزْدِى (المتوفّى سنة ٣٣١ هـ)
Syair Ibnu Duraid Al Uzdi (Wafat 331 H)

وَالنَاسُ أَلْفٌ مِنْهُمْ كَوَاحِدٍ # وَوَاحِدٌ كَالأَلْفِ إِنْ أَمْرٌ عَنَى
وَآفَةُ العَقْلِ الهَوَى فَمَنْ عَلاَ # عَلَى هَوَاهُ عَقْلُهُ فَقَدْ نَجَا
عَوِّلْ عَلَى الصَبْرِ الجَمِيْلِ فَإِنَّهُ # أَمْنَعُ مَا لاَذَ بِهِ أُولُوْا الحِجَا
لاَتَعْجَبَنْ مِنْ هالِكٍ كَيْفَ هَوَى # بَلْ فَاعْجَبَنْ مِنْ سَالِمٍ كَيْفَ نَجَا
وَإِنَّمَا المَرْءُ حَدِيْثٌ بَعْدَهُ # فَكُنْ حَدِيْثًا حَسَنًا لِمَنْ وَعَى


Manusia itu, terkadang seribu dari mereka bagaikan satu orang, namun satu orang dari mereka juga bagaikan seribu orang, jika dia sungguh-sungguh.
Bencana akal adalah hawa nafsu, dan barang siapa yang akalnya mampu mengalahkan hawa nafsunya, maka ia telah selamat.
Bertahanlah dengan kesabaran yang indah, karena kesabaran merupakan pertahanan terkokohnya orang-orang yang berakal.
Tidak usah heran dengan orang yang hancur bagaimana ia jatuh. Tapi heranlah dengan orang yang selamat bagaimana ia berhasil.
Seseorang akan menjadi pembicaraan bagi generasi sesudahnya. Maka jadilah pembicaraan yang baik bagi orang-orang yang sadar.


Syarah / Penjelasan dan Kesimpulan:
Kualitas seseorang itu ditentukan dari berbagai faktor, salah satunya adalah kesungguhan. Kadangkala ada sebuah pekerjaan tidak bisa diselesaikan oleh seribu orang sekalipun karena mereka tidak sungguh-sungguh dalam mengerjakannya. Akan tetapi ternyata pekerjaan tersebut malah dapat diselesaikan oleh satu orang saja yang bersungguh-sungguh.

***

Hawa nafsu yang tak terkendali adalah salah satu hal yang menjadi penghalang akan  kesuksesan seseorang, maka barangsiapa ingin berhasil mencapai tujuannya, hendaklah ia mengedepankan akal pikirannya daripada hawa nafsunya.

***

Sementara itu di dalam perjuangan hidup, pasti akan selalu ada halang rintang yang menerpa, maka kesabaran merupakan pertahanan terkokoh yang harus dimiliki seseorang di dalam hidupnya.

***

Jangan pernah menghabiskan waktu untuk memikirkan bagaimana seseorang yang tadinya berada dalam sebuah posisi tertentu bisa jatuh ke dalam posisi yang rendah, akan tetapi pikirkanlah dan ambil lah pelajaran dari seseorang yang berhasil meraih impiannya, niscaya engkau tidak akan terperosok ke dalam kehinaan tatkala terus meniru orang-orang yang sukses.

***

Orang itu hanya akan hidup sekali di dunia ini, maka jadilah orang yang terus dipuji-puji namanya oleh generasi selanjutnya, karena sebaik-baik orang adalah yang namanya harum dan terus dikenang oleh generasi setelahnya.

(Untuk Kata Mutiara Lainnya : Kumpulan Mahfudzot Kelas 1 - 5 KMI Gontor)

Posting Komentar untuk "Mahfudzot Kelas 3 KMI Gontor Beserta Arti dan Penjelasannya (7)"