Mahfudzot Kelas 3 KMI Gontor Beserta Arti dan Penjelasannya (11)


لِلشَّرِيْفِ العَباَّسِي (المتوفّى سنة ٥٠٤ هـ)
Syair Syarif Al-Abbasy (Wafat 504 H)

وَمُوْجَبُ الصَدَاقَةِ المُسَاعَدَةُ # وَمُقْتَضَى المَوَدَّةِ المُعَاضَدَةُ
وَإِنْ رَأَيْتَ النَصْرَ قَدْ لاَحَ لَكَا # فَلاَ تُقَصِّرْ وَاحْتَرِسْ أَنْ تُهْلِكَا
وَانْتَهِزِ الفُرْصَةَ إِنَّ الفُرْصَةَ # تَصِيْرُ إِنْ لَمْ تَنْتَهِزْهَا غُصَّةً
لاَ تَحْتَقِرْ شَيْئًا صَغِيْرًا مُحْتَقَرًا # فَرُبَّمَا أَسَالَتِ الدَمَ الإِبَرُ
البَغْيُ دَاءٌ مَا لَهُ دَوَاءٌ # لَيْسَ لِمُلْكٍ مَعَهُ بَقَاءُ
وَالغَدْرُ بِالعَهْدِ قَبِيْحٌ جِدًّا # شَرُّ الوَرَى مَنْ لَيْسَ يَرْعَى عَهْدًا

المُفْرَدَاتُ (Kosa Kata)
المعاضدة : المساعدة : المعاونة : Tolong menolong
احترس : Hati-hatilah
الإبر جمن الإبرة : Jarum
البغي : الظلم : العصيان : Kezhaliman
ملك : عظمة : سلطة : Kekuasaan
الغدر : الخيانة : Pengkhianatan
الورى : الناس : Manusia

Terjemahan:
Kewajiban dari persahabatan adalah adanya tolong menolong. Demikian pula ketulusan dalam persahabatan mengharuskan adanya bahu membahu.
Jika kau melihat kemenangan telah nyata bagimu, janganlah disia-siakan dan berhati-hatilah (dari membuat keputusan yang membuat) kamu celaka.
Manfaatkanlah kesempatan. Sesungguhnya kesempatan itu akan menjadi ganjalan bagimu, jika kau melewatkannya.
Jangan pernah menyepelekan hal kecil yang remeh. Seringkali jarum yang kecil saja dapat mengucurkan darah.
Kedzaliman adalah penyakit yang tak ada obatnya. Dan tidak ada kekuasaan yang kekal dengan adanya (kezhaliman).
Ingkar janji merupakan perilaku yang buruk sekali. Seburuk-buruk manusia adalah yang tidak bisa menepati janji.

Syarah / Penjelasan dan Kesimpulan:
Persahabatan yang tulus adalah persahabatan yang selalu terjalin baik dalam suasana suka maupun duka. Sementara itu, perjalan hidup seseorang tidaklah selalu berjalan dengan riang gembira, ada masanya seseorang akan menghadapi masalah dan membutuhkan seorang sahabat yang akan menolongnya. Nah, dalam kondisi sulit inilah seseorang bisa mengukur kualitas persahabatan orang-orang yang ada di sekitarnya. Ingat, hanya sahabat sejati yang akan bertahan tatkala kita sedang susah. Sesuai kata Mahfudzat lainnya:
مَوَدَّةُ الصَّدِيْقِ تَظْهَرُ وَقْتَ الضِّيْقِ
Artinya: “Ketulusan seorang teman itu terlihat pada waktu sempit. (Mahfudzat)
***
Kesempatan itu tak akan pernah datang 2 kali, maka tatkala sebuah kesempatan datang menghampiri kita, kesempatan itu haruslah kita manfaatkan sebaik-baiknya, kalau tidak, maka kesempatan yang tidak kita manfaatkan itu hanyalah akan menjadi penyesalan bagi kita di kemudian hari. Apalagi tatkala kita melihat orang lain menikmati hasil jerih payahnya sementara kita sendiri merana akibat kemalasan kita di masa lalu, tatkala itulah penyesalan akan kita rasakan, seperti kata Mahfuzhat:
إِذَا أَنْتَ لَمْ تَزْرَعْ وَأَبْصَرْتَ حَاصِدَا # نَدِمْتَ عَلَى التَّفْرِيْطِ فِيْ زَمَنِ الْبَذْرِ
“Jika kamu tidak bercocok tanam dan (di kemudian hari) kamu melihat orang memanen hasil cocok tanamnya, maka kamu akan menyesali kelalaianmu pada masa bercocok tanam.” (Mahfuzhat)
***
Janganlah kiranya kita meremehkan sekecil apapun sesuatu, karena terkadang sebuah perkara atau hal kecil bisa saja memberikan dampak yang besar bagi kita. Sama halnya seperti jarum kecil yang mampu mengucurkan darah dari jari kita, ada banyak hal-hal kecil di dalam hidup ini juga tak jarang memberikan efek yang sangat besar bagi kita di kemudian harinya.
***
Kezaliman adalah sesuatu yang sangat buruk, saking buruknya kezaliman, sampai-sampai Allah SWT pun mengharamkan kezaliman itu atas diri-Nya, di dalam sebuah hadis Qudsi:
عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  فِيْمَا يَرْوِيْهِ عَنْ رَبِّهِ عَزَّ وَجَلَّ أَنَّهُ قَالَ : يَا عِبَادِي إِنِّي حَرَّمْتُ الظُّلْمَ عَلىَ نَفْسِي وَجَعَلْتُهُ بَيْنَكُمْ مُحَرَّماً، فَلَا تَظَالَمُوْا. (رواه مسلم)
Artinya : Dari Rasulullah shallallahu`alaihi wa sallam sebagaimana beliau riwayatkan dari Rabbnya Azza Wajalla bahwa Dia berfirman: “Wahai hambaku, sesungguhya aku telah mengharamkan kezaliman atas diri-Ku dan Aku telah menetapkan haramnya (kezaliman itu) di antara kalian, maka janganlah kalian saling berlaku zalim..” (HR. Muslim)
Selain itu, akibat besarnya bahaya yang disebabkan oleh kezaliman, maka tak ada satu kerajaan ataupun kekuasaan pun yang bisa bertahan dengannya, karena itu kalau kita membaca sejarah, maka kita akan menemukan ada banyak sekali kerajaan ataupun kekuasaan yang musnah, dan ternyata salah satu penyebab dari kehancuran mereka adalah kezaliman yang terjadi di mana-mana.
***
Ingkar janji adalah salah satu sifat yang sangat bertentangan dengan akhlak yang diajarkan di dalam Islam, bahkan ingkar janji juga merupakan salah satu ciri dari orang munafik. Dalam sebuah hadis dikatakan bahwa:
آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلَاثٌ: إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ، وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ، وَإِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ (متقف عليه)
Artinya : “Tanda-tanda orang munafik itu ada tiga. jika berbicara ia berbohong, jika berjanji ia ingkar, dan jika dipercaya ia berkhianat” (HR. Buhari - Muslim)
Demikianlah, semoga kita semua terhindar dari memiliki sifat-sifat buruk tersebut, Aamiin..

(Untuk Kata Mutiara Lainnya : Kumpulan Mahfudzot Kelas 1 - 5 KMI Gontor)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Mahfudzot Kelas 3 KMI Gontor Beserta Arti dan Penjelasannya (11)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel