Teks Pidato Bahasa Arab dan Artinya: Pengaruh Teknologi Terhadap Pelajar


Berikut ini adalah contoh teks Pidato Bahasa Arab dengan tema Pengaruh Teknologi Terhadap Pelajar ( تأثير التكنولوجيا على الطلاب ) yang bisa dipakai untuk melatih kemampuan santri atau pelajar dalam berpidato dalam bahasa Arab, semoga bermanfaat.


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ...
الحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَدِيْنِ الْحَـقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَكَفَى بِاللهِ شَهِيْدًا.
أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لَا نَبِيَّ وَلَا رَسُوْلَ بَعْدَهُ.
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إبْراهِيمَ،
وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ فِي الْعَالَمِيْن،  إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ. أَمَّا بَعْدُ...

أَصْحَابَ الْفَضِيْلَةِ... هَيْئَةَ التَّحْكِيْمِ
أَصْحَابَ الْفَضِيْلَةِ... جَمِيْعَ الْأَسَاتِيْذِ الْكِرَامِ
صَاحِبَ الْفَضِيْلَةِ... رَئِيْسَ الْجَلْسَةِ
وَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ الْمَحْبُوْبُوْنَ...

أُحَيِّيْكُمْ تَحِيَّةً إِسْلَامِيَّةً، تَحِيَّةً يُكْرَمُ بِهَا أَهْلُ الْجَنَّةِ، تَحِيَّةً تُدْخِلُ الْقُلُوْبَ سُرُوْرًا وَسَلَامًا:
السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ.

أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ الْكِرَامُ!
قَبْلَ أَنْ أَتَكَلَّمَ، أَوَدُّ أَنْ أُشْكُرَ رَئِيْسَ الْجَلْسَةِ الَّذِى قَدْ أَعْطَانِيْ فُرْصَةً غَالِيَةً لِأَتَكَلَّمَ بَيْنَ أَيْدِيْكُمْ تَحْتَ الْمَوْضُوْعِ: التِكْنُوْلُوْجِيَا وَ تَأْثِيْرُهَا عَلَى الطُّلَّابِ

أَيُّهَا الإِخْوَانُ الْأَعِزَّاءُ!
كَانَ لِلتَّطَوُّرِ التِّكْنُوْلُوْجِيِّ تَأْثِيْرٌ كَبِيْرٌ عَلَى الْحَضَارَةِ الْإِنْسَانِيَّةِ اليَوْمَ. فَيَنْقَسِمُ هَذَا التَّأْثِيْرُ إِلَى القِسْمَيْنِ ، هُمَا: تَأْثِيْرٌ إِيْجَابِيٌّ و تَأْثِيْرٌ سَلْبِيٌّ.

فَالْآنَ سَأَتَحَدَّثُ عَنِ التَّأْثِيْرِ الْإِيْجَابِيِّ لِلتَّطَوُّرِ التِّكْنُوْلُوْجِيِّ ، خَاصَّةً بِالنِّسْبَةِ لِلطُّلَّابِ.

أَوَّلاً:
التَقَدُّمُ التِّكْنُوْلُوْجِيُّ يُسَهِّلُ الطُّلَّابَ عَلَى اكْتِسَابِ الْمَعْرِفَةِ، وَيُمَكِّنُهُمْ مِنَ الْبَحْثِ عَنِ الْمَعْلُوْمَاتِ مِنَ الْإِنْتِرْنِتْ وَمُشَاهَدَةِ فِيْدِيُوْ وَالِاسْتِمَاعِ إِلَى الْمِذْيَاعِ وَغَيْرِهَا.

ثانياً:
مَعَ التِّكْنُوْلُوْجِيَا ، يَكُوْنُ السَّفَرُ فِيْ طَلَبِ الْعِلْمِ أَسْهَلَ وَ أَسْرَعَ. فِي الْمَاضِيْ، كَانَ بَعْضُ الْعُلَمَاءِ يُسَافِرُوْنَ آلَافَ كِيْلُوْمِتْرٍ مَاشِيِّيْنَ عَلَى الْقَدَمِ، لَكِنِ الآنَ أَصْبَحَ كُلُّ شَيْءٍ أَسْهَلَ وَ أَسْرَعَ، لِأَنَّنَا لَدَيْنَا الْمَرَاكِبُ الْمُتَعَدِّدَةُ، مِثْلَ السَّيَّارَةِ وَالطَّائِرَةِ وَ السَّفِيْنَةِ.

ثَالِثًا:
التَقَدُّمُ التِّكْنُوْلُوْجِيُّ أيضًا يُسَاعِدُ الطُّلَّابَ عَلَى إِجْرَاءِ الْبُحُوْثِ الْعِلْمِيَّةِ فِي الْمُخْتَبَرَاتِ الْعِلْمِيَّةِ مِثْلِ مُخْتَبَرَاتِ الطِّبِّ وَ الْبِيُوْلُوْجِيَا وَ الْكِيْمِيَاءِ وَ غَيْرِ ذَلِكَ.

أَيُّهَا الإِخْوَانُ الْأَحِبَّاءُ!
قَدْ سَمِعْنَا عَنِ التَّأْثِيْرِ الْإِيْجَابِي لِلتِّكْنُوْلُوْجِيَا وَالْآنَ لاَ بُدَّ لَنَا أَنْ نَبْحَثَ عَنِ التَّأْثِيْرِ السَّلْبِيِّ لِلتِّكْنُوْلُوْجِيَا.

أَيُّهَا الحَاضِرُوْنَ الْكُرَمَاءُ!
تَطَوُّرُ التِّكْنُوْلُوْجِيَا أَيْضًا يُؤَدِّيْ إِلَى إِهْمَالِ شَخْصٍ عَلَى وَاجِبَاتِهِ، فعَلَى سَبِيْلِ الْمِثَالِ: كَثِيْرٌ مِنَ الطُّلَّابِ مَشْغُوْلُوْنَ بِالْأَنْشِطَةِ فِي الْإِنْتِرْنِتْ حَتَّى يَنْسَوْا عَنِ الدِّرَاسَةِ.

فَالْخُلَاصَةُ: لِلتِّكْنُوْلُوْجِيَا تَأْثِيْرٌ إِيْجَابِيٌّ وَ سَلْبِيٌّ عَلَى حَيَاةِ الْإِنْسَانِ.  فَيَجِبُ عَلَيْنَا أَنْ نَسْتَفِيْدَ مِنَ التِّكْنُوْلُوْجِيَا أَحْسَنَ مَا يُمْكِنُ، كَيْ نَكُوْنَ مِنَ السُّعَدَاءِ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ.. آمِيْنَ.

أَكْتَفِيْ بِهَذَا الْكَلَامِ ، أَسْتَعْفِيْكُمْ مِنْ كُلِّ خَطَأٍ وَ نِسْيَانٍ ، وَ أَشْكُرُكُمْ عَلَى حُسْنِ اهْتِمَامِكُمْ، إِلَى اللِّقَاءِ إِنْ شَاءَ اللهُ.

وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ.


Terjemahan:
Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang. Segala puji hanya milik Allah yang telah mengutus Rasul-Nya dengan hidayah dan Agama yang Haq, untuk memenangkannya atas semua agama lainnya, dan cukuplah Allah sebagai saksi.

Aku bersaksi bahwasannya tiada tuhan selain Allah dan Muhammad itu hamba dan utusan Allah, serta tiada nabi dan rasul setelahnya.

Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan kepada keluarga junjungan kami Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Limpahkan pula keberkahan bagi junjungan kami Nabi Muhammad dan bagi keluarga junjungan kami Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan keberkahan bagi Nabi Ibrahim dan bagi keluarga Nabi Ibrahim di segenap alam. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.

Yang terhormat, dewan juri.
Yang terhormat, para ustadz.
Yang terhormat, pembawa acara.
Dan hadirin yang tercinta...

Saya haturkan salam penghormatan, salam penghormatannya ahli surga, salam penghormatan yang memberikan kebahagiaan dan kedamaian..

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Para hadirin yang terhormat
Sebelum saya berbicara lebih lanjut, saya ingin ucapkan terima kasih kepada pembawa acara yang telah memberikan saya kesempatan untuk berbicara dengan judul:

Teknologi dan Pengaruhnya Terhadap Pelajar

Saudara-saudara yang terhormat,
Perkembangan teknologi memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap peradaban manusia pada hari ini. Adapun pengaruh ini terbagi menjadi 2, yaitu pengaruh positif dan pengaruh negatif.

Sekarang saya akan membahas tentang pengaruh positif perkembangan teknologi, khususnya terhadap para siswa.

Pertama: perkembangan teknologi mempermudah para siswa dalam mencari informasi, dan juga memungkinkan mereka untuk menggali informasi baik dari internet, menonton video, mendengar radio, dsb.

Kedua: dengan adanya teknologi, perjalanan mencari ilmu menjadi lebih gampang dan lebij cepat. Dulu, para ulama bepergian sampai ribuan kilometer dengan berjalan kaki, akan tetapi pada hari ini segala sesuatu menjadi lebih gampang dan lebih cepat, karena kita memiliki berbagai macam alat transportasi seperti mobil, pesawat, dan kapal.

Ketiga: kemajuan teknologi juga membantu para siswa dalam melakukan penelitian ilmiah di laboratorium seperti laboraturium kedokteran, biologi, kimia, dll.

Saudara-saudara yang saya cintai!
Kita telah mendengarkan pengaruh positif teknologi, nah sekarang kita juga harus membahas tentang pengaruh negatif teknologi.

Hadirin yang terhormat!
Perkembangan teknologi juga ternyata menyebabkan seseorang meremehkan tugasnya. Sebagai contoh: banyak diantara siswa yang malah sibuk dengan berbagai kegiatan di internet sampai-sampai lupa belajar.

Maka sebagai kesimpulan: Teknologi memiliki pengaruh positif dan negatif bagi kehidupan manusia. Maka wajib bagi kita untuk memanfaatka teknologi ini dengan sebaik mungkin supaya kita menjadi orang yang sukses di dunia dan di akhirat.

Saya cukupkan sampai sekian, saya mohon maaf apabila ada kesalahan dan kealpaan. Saya ucapkan terima kasih atas segala perhatiannya. Sampai jumpa lagi insya Allah.

Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

______________
* Ini adalah contoh Pidato Bahasa Arab yang sudah pernah kami pakai untuk melatih siswa kami dalam rangka pembelajaran Bahasa Arab dan persiapan lomba, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Teks Pidato Bahasa Arab dan Artinya: Pengaruh Teknologi Terhadap Pelajar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel