Mahfudzot Kelas 3 KMI Gontor Beserta Arti dan Penjelasannya (12)


الأَبْـيَاتُ الْمُخْتَارَةُ
Bait-bait pilihan

سَتُبْدِيْ لَكَ الْأَيَّامُ مَا كُنْتَ جَاهِلًا # وَيَأْتِيْكَ بِالْأَخْبَارِ مَا لَمْ تُزَوِّدْ
عَنِ الْمَرْءِ لَا تَسْأَلْ وَأَبْصِرْ قَرِيْنَهُ # فَإِنَّ الْقَرِيْنَ بِالْمُقَارِنِ مُقْتَدٍ
إِذَا الْمَرْءُ لَمْ يَدْنَسْ مِنَ اللُّؤْمِ عِرْضُهُ # فَكُلُّ رِدَاءٍ يَرْتَدِيْهِ جَمِيْلٌ
مَنْ يَفْعَلِ الْخَيْرَ لَا يَعْدَمْ جَوَازِيَهُ # لَا يَذْهَبُ الْعُرْفُ بَيْنَ اللهِ وَالنَّاسِ
مَنْ يَزْرَعِ الْخَيْرَ يَحْصُدْ مَا يُسَرُّ بِهِ # وَزَارِعُ الشَرِّ مَنْكُوْسٌ عَلَى الرَّأْسِ


المُفْرَدَاتُ (Kosa Kata)
تبدي : تظهر : Menunjukkan
تزود : تعطى الزاد : Berbekal
أبصر : انظر : Lihatlah
قرين : صاحب : Sahabat
يدنس : يقبح : mengotori/memperburuk
اللؤم : الحقارة : الدناءة : Kehinaan
عرض : شرف : Kemuliaan
رداء : لباس : Pakaian
يرتدي : يلبس : Memakai
جوازي : مف جاز : Balasan/Imbalan

Terjemahan:
Hari-hari (yang akan datang) akan memperlihatkan apa yang (sekarang) kamu tidak ketahui. Dan ia akan datang kepadamu dengan berita yang tak pernah kau sangka.
Jangan tanya seseorang tentang dirinya, tapi lihatlah temannya. Karena sesungguhnya seseorang itu pasti mengikuti (tabiat) temannya.
Ketika seseorang tidak mengotori martabatnya dengan perbuatan tecela. Maka semua pakaian yang dipakainya akan terlihat indah.
Barangsiapa melakukan kebaikan pasti akan mendapatkan ganjaran. Tidak akan pergi sia-sia kebaikan itu di hadapan Allah dan manusia.
Barangsiapa menanam benih kebaikan pasti memetik hasil yang membuatnya senang. Dan penanam kejahatan pasti akan ‘jungkir balik’ (celaka).


Syarah / Penjelasan dan Kesimpulan:
Sebagai manusia, kita adalah makhluk yang lemah, informasi yang kita miliki sangatlah terbatas, masih ada banyak hal yang belum kita ketahui. Oleh karena itu sudah selayaknya kita untuk terus menggali berbagai informasi ataupun pengetahuan dan tidak merasa puas dengan apa yang kita ketahui sekarang ini. Seringkali kurangnya pengetahuan membuat seseorang mengambil tindakan yang salah di dalam hidupnya, bahkan tak jarang seseorang menyesal di kemudian hari setelah mengetahui ‘fakta’ yang sebenarnya dari hal-hal salah yang selama ini ia yakini kebenarannya. Karena itu pula Islam selalu mengajarkan kita untuk bertabayyun dan terus menggali informasi untuk menemukan kebenaran atau fakta dari setiap perkara.


***

Seseorang itu adalah cerminan dari teman dekatnya, maka jika kita ingin mengetahui seperti apa ‘hakikat’ kepribadian seseorang, maka cukuplah bagi kita melihat perilaku teman dekatnya. Sementara itu sebagai muslim, kita dianjurkan untuk benar-benar memperhatikan dengan siapa kita bergaul, karena teman-teman yang kita pergauli tersebutlah yang akan mewarnai corak kepribadian kita. Dalam sebuah hadis disebutkan:
الْمَرْءُ عَلىَ دِيْنِ خَلِيْلِهِ، فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِلُ
Artinya: “Seseorang itu berada di atas perilaku kawan terdekatnya, maka hendaklah salah seorang diantara kalian melihat kepada siapa dia jadikan kawan dekat!” (HR. Ahmad dan Hakim).


***

Semua manusia itu terlahir dalam keadaan suci, karena itu selama seseorang tidak melakukan hal-hal yang tercela, maka ia tetaplah terjaga dalam kesuciannya tersebut yang diibaratkan seperti pakaian yang belum terkotori dengan kotoran (perbuatan tercela).


***

Sekecil apapun sebuah kebaikan dan keburukan itu pasti akan mendapatkan balasan, baik di dunia ataupun di akhirah. Sesuai dengan firman Allah di dalam Al-Quran:
فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ * وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ
“Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan) nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan) nya pula”. (Q.S. Al-Zalzalah 7-8)

(Untuk Kata Mutiara Lainnya : Kumpulan Mahfudzot Kelas 1 - 5 KMI Gontor)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Mahfudzot Kelas 3 KMI Gontor Beserta Arti dan Penjelasannya (12)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel