Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Muthola'ah Kelas 2 KMI Beserta Artinya - Memancing Ikan



Muthala’ah Pelajaran Sore Kelas 2 KMI Gontor Bagian 1 ini bercerita tentang seorang anak yang memancing ikan. Selamat membaca.

صَيْدُ السَّمَكِ
Memancing Ikan

ذَهَبَ مَحْمُوْدٌ يَوْمَ الْجُمُعَةِ الْمَاضِيَ إِلَى بُحَيْرَةٍ لِيَصِيْدَ سَمَكًا. وَكَانَتْ مَعَهُ قَصَبَةُ الصَّيْدِ. مَرْبُوْطًا فِيْ طَرَفِهَا حَبْلٌ طَوِيْلٌ دَقِيْقٌ مَتِيْنٌ. وَفِيْ طَرَفِ هَذَا الْحَبْلِ شِصٌّ. وَفِيْ وَسَطِهِ عَوَّامَةٌ. فَلَمَّا وَصَلَ إِلَى الْبُحَيْرَةِ. جَلَسَ عَلَى حَجَرٍ كَبِيْرٍ عَلَى ضَفَّتِهَا. وَأَخْرَجَ الطُّعْمَ مِنْ سَلَّتِهِ. وَوَضَعَهُ عَلَى الشِّصِّ. ثُمَّ وَقَفَ وَمَدَّ الْقَصَبَةَ وَأَدْلَى الْحَبْلَ فِي الْمَاءِ. وَبَعْدَ لَحْظَةٍ أَحَسَّ بِجَزْبَةٍ فِي الْقَصَبَةِ. فَأَسْرَعَ بِإِخْرَاجِ الشِّصِّ مِنَ الْمَاءِ. فَإِذَا بِهِ سَمَكَةٌ كَبِيْرَةٌ. أَتَتْ لِتَأْكُلَ الطُّعْمَ فَصِيْدَتْ. فَسُرَّ مَحْمُوْدٌ مِنْ ذَلِكَ. وَمَكَثَ زَمَنًا طَوِيْلًا اصْطَادَ فِيْهِ سَمَكًا كَثِيْرًا. ثُمَّ عَادَ إِلَى دَارِهِ بِأَكْلَةٍ عَظِيْمَةٍ مِنَ السَّمَكِ.

المُفْرَدَاتُ/Kosakata
بُحَيْرَةٌ : Danau
صَادَ – يَصِيْدُ : Memancing
قَصَبَةُ الصَّيْدِ : Joran pancing
مَرْبُوْطٌ : Terikat
حَبْلٌ : Tali
شِصٌّ : Mata pancing
عَوَّامَةٌ : Pelampung
ضَفَّةٌ : Tepi
طُعْمٌ : Umpan
سَلَّة : Keranjang
أَدْلَى – يُدْلِيْ : Mengulurkan
لَحْظَة : Sejenak
أَحَسَّ – يُحِسُّ : Merasa
جَزْبَةٌ : Tarikan
صِيْدَ : Tertangkap
مَكَثَ : Berdiam


Terjemahan:
Hari Jumat yang lalu, Mahmud pergi ke sebuah danau untuk memancing ikan. Bersamanya ada sebuah joran pancing yang mana terikat di ujungnya tali panjang yang tipis namun kuat. Sedangkan di ujung tali ini terdapat mata kail dan di tengahnya terdapat pula sebuah pelampung pancing.
Ketika ia tiba di danau, ia pun duduk di sebuah batu besar di pinggir danau. Kemudian ia pun mengeluarkan umpan dari wadahnya dan menaruhnya di mata kail. Setelah itu ia berdiri dan menjulurkan batang pancingnya lantas mengulurkan talinya ke dalam air. Tak berapa lama kemudian ia merasakan ada tarikan di gagang pancingnya.
Ia pun segera mengeluarkan mata pancingnya dari dalam air. Ternyata  ada sebuah ikan besar padanya, yang datang untuk makan umpan lantas tertangkap. Mahmud pun bahagia karenanya. Ia kemudian berdiam di tempat itu dalam waktu yang lama untuk memancing ikan yang banyak. Kemudian ia pun pulang ke rumahnya dengan lauk ikan yang melimpah.

Kata kunci transliterasi: Shaidus samak, Mahmud, Buhairah, Qashabatus Shaid, Isthada, Shada – Yashidu, Syish, Jazbah.

Baca juga :

Posting Komentar untuk "Muthola'ah Kelas 2 KMI Beserta Artinya - Memancing Ikan"